Ocim Blog - Berita Terbaru dan Hiburan
Berlangganan artikel via email yuk!
feed
Jika tidak tahu cara berlangganan via email Baca Ini

Begini Cara Aman dan Sehat Memakai Earphone

Earphone Sony merupakan salah satu produk earphone yang banyak digemari para pecinta musik. Earphone keluaran Sony memiliki kualitas yang memuaskan dan harganya juga cukup bersahabat. Selain itu, produk earphone dari Sony juga sangat mudah untuk didapatkan baik secara online maupun offline.

Earphone menjadi salah satu benda yang wajib dimiliki oleh para pecinta musik. Jika Anda hobi menikmati musik dalam kegiatan sehari-hari, tentu saja earphone menjadi benda yang harus selalu ada di tas Anda, bukan? Sayangnya, pemakaian earphone seringkali berbahaya bagi kesehatan telinga. Fungsi pendengaran bisa terganggu akibat pemakaian earphone yang salah.
Earphone digunakan langsung ke bagian telinga Anda. Suara yang dihasilkan oleh earphone akan langsung diterima oleh telinga. Kebiasaan memakai earphone akan berpengaruh pada kondisi kesehatan telinga Anda. Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan agar Anda bisa tetap memakai earphone tanpa harus menyakiti telinga Anda?

Sehat Memakai Earphone

Saat ini, earphone dimanfaatkan untuk banyak kepentingan. Tak hanya untuk mendengarkan musik, earphone juga biasa dipakai untuk berkomunikasi via telepon. Earphone juga dipakai saat bermain game. Banyak juga yang menggunakan earphone ketika menonton film memakai gadget.

Kebiasaan memakai earphone memang sulit dihilangkan bagi sebagian orang. Banyak yang tak bisa lepas dari earphone, bahkan bisa memakai earphone sepanjang hari. Hal ini sebenarnya bisa mengganggu kesehatan telinga Anda. Supaya telinga tetap sehat dan aman, berikut adalah beberapa tips pemakaian earphone yang bisa Anda lakukan :

  1. Pilih Earphone Berkualitas Pilihlah produk earphone yang berkualitas. Jangan asal memakai earphone yang tidak original. Earphone yang berkualitas akan menghasilkan suara yang lebih berkualitas lebih nyaman diterima oleh telinga Anda. Misalnya, Anda bisa menggunakan earphone Sony yang original. Anda juga bisa memilih merk yang lain asalkan produknya original.
  2. Hindari Volume Terlalu Keras Hindari menggunakan earphone dengan volume yang terlalu keras. Seringkali karena ingin merasakan sensasi yang mantap Anda malah menyalakan volume begitu keras. Volume yang terlalu keras tentu akan menyakiti telinga Anda. Apalagi jika Anda mendengarkannya untuk jangka waktu yang lama.
  3. Gunakan Earphone Pribadi Biasakan untuk selalu memakai earphone pribadi milik Anda sendiri. Jangan memakai earphone bergantian dengan orang lain. Kebiasaan memakai earphone secara bergantian akan berbahaya karena kuman bisa berpindah ke telinga Anda. Jadi, jika Anda memang merasa butuh earphone segera beli jangan terbiasa pinjam milik orang lain.
  4. Beristirahat setelah 1,5 Jam Memakai Earphone Lepaskan earphone jika Anda sudah menggunakannya lebih dari 1,5 jam. Istirahatkan telinga Anda selama beberapa menit jika Anda memang ingin menggunakan earphone lagi. Memberikan waktu istirahat bagi telinga setelah memakai earphone untuk waktu yang cukup lama sangat disarankan agar kesehatan telinga Anda tidak terganggu.
  5. Jaga Kebersihan Earphone Jagalah kebersihan earphone Anda. Bersihkan selalu earphone agar terbebas dari kuman-kuman. Kuman-kuman yang bersarang pada earphone bisa menyebabkan infeksi pada telinga Anda. Jadi, pastikan untuk membersihkan earphone secara rutin dengan cara yang tepat.

Bagi Anda yang saat ini sedang membutuhkan earphone baru, tak perlu repot karena sekarang Anda bisa mendapatkan earphone berkualitas secara online. Langsung saja cek di toko online Bukalapak dan temukan produk earphone dari berbagai merk yang berkualitas. Anda bisa menemukan produk earphone Sony dan earphone merk lainnya dengan penawaran harga bersahabat.

Earphone Sony menjadi salah satu produk earphone pilihan yang bisa Anda temukan di Bukalapak. Sebelum membeli coba saja cek dulu harga headphone Sony maupun produk audio keluaran Sony lainnya. Belanja di Bukalapak dijamin aman, lengkap, dan produknya original.

Baca Juga