Ocim Blog - Berita Terbaru dan Hiburan
Berlangganan artikel via email yuk!
feed
Jika tidak tahu cara berlangganan via email Baca Ini

10 Hewan Langka Yang Hidup Di Indonesia

Indonesia mempunyai beragam jenis hewan yang tersebar di berbagai pulau. Namun, seiring pergantian jaman, populasi beberapa jenis hewan jadi semakin mengecil disebabkan oleh faktor-faktor tertentu.

Kelangkaan ini merupakan tanda bahaya, bila tak ditanggulangi secepat mungkin maka berakibat sangat fatal dan mengancam eksistensi hewan.

Apa saja jenis hewan langka di Indonesia? Berikut ulasannya.
Rusa Bawean
10 Hewan Langka Yang Hidup Di Indonesia

Salah satu jenis ras rusa yang terancam bahaya punah. Populasi rusa bawean sangat mendominasi wilayah Jawa Timur, terutama daerah gresik. Berdasarkan laporan International Union for Conservation of Nature, rusa bawean sudah termasuk ke dalam kategori hewan yang terancam punah dan bila tak ada kesadaran dari banyak pihak, maka akan jadi bagian dari sejarah.
Kuskus
Hewan mungil yang bisa ditemui di pulau Sulawesi dan tergolong sebagai hewan berkantung. Rupa kuskus sangat menggemaskan, berbadan kecil tapi berekor panjang dan sering bergelantungan di batang pohon. Populasi hewan ini terus menurun dari tahun ke tahun.
Kera Hitam
Sebenarnya, spesies ini sekilas tampak serupa dengan jenis kera lainnya. Namun, bila diperhatikan dengan seksama, kera ini punya ciri khas, yakni bulu berwarna hitam legam, serta dibagian kepalanya terdapat jambul. Species kera hitam biasa ditemukan di pulau Sulawesi dan kepulauan Maluku, namun populasinya terus menurun sehingga termasuk kategori hewan langka di Indonesia.
Harimau Sumatra
Indonesia mempunyai tiga jenis spesies harimau, yang berasal dari pulau Jawa, Bali dan Sumatra. Sayangnya, hanya harimau Sumatra saja yang masih tersisa. Keunikan species ini terletak pada bagian belangnya. Berdasarkan sebuah data, populasi harimau ini tergolong minim dan diperkirakan hanya 500 ekor saja.
Elang Jawa
Burung yang termasuk ke dalam kategori hewan langka di Indonesia dan sulit ditemui sekarang ini. Populasi semakin menurun karena campur tangan manusia yang merusak ekosistem. Kepala elang jawa terdapat jambul dan bila melihat ciri-ciri fisiknya, maka burung ini tampak mirip dengan garuda, simbol lambang negara Indonesia.
Burung Gosong
Populasi hewan terdapat di daerah Papua dan Maluku, namun jumlahnya terus menurun. Ciri khas burung gosong yaitu dominasi warna coklat di tubuhnya. Selain termasuk langka, burung ini termasuk spesies yang dilindungi.
Bangau Hitam
Hewan unggas yang didominasi warna hitam, biasanya terdapat di area sawah ataupun hutan bakau di pulau Jawa. Populasi hewan yang disebut sebagai Sandanglawe terus menurun setiap tahun dan sekarang masuk ke dalam kategori hewan dilindungi.
Badak Jawa
Ada lima jenis badak di dunia, dua jenis diantaranya terdapat di Indonesia. Namun, badak Jawa yang paling langka, bahkan terus menurun setiap tahun. Data terakhir menyebutkan populasinya tinggal sekitar 60-an ekor.
Bekantan
Populasinya terdapat di wilayah pulau Kalimantan. Kera ini punya hidung panjang dan besar, warna rambut kemerahan agak coklat. Sejak tahun 2000, bekatan termasuk hewan langka terlindungi di Indonesia.
Anoa
Dahulu, Anoa termasuk hewan yang paling banyak mendominasi wilayah pulau Sulawesi. Namun, populasi kerbau kecil ini terus menurun sehingga masuk ke dalam kategori hewan langka terlindungi di Indonesia. Bahkan di beberapa daerah yang dulu jadi tempat berkembang biak Anoa sudah tak lagi ditemukan.

Baca Juga