Ocim Blog - Berita Terbaru dan Hiburan
Berlangganan artikel via email yuk!
feed
Jika tidak tahu cara berlangganan via email Baca Ini

6 Jenis Tanaman Langka Yang Ada Di Dunia

6 Jenis Tanaman Langka Yang Ada Di Dunia - Tak hanya populasi hewan saja yang mengalami penurunan, beberapa jenis tanaman dunia pun masuk ke dalam kategori langka dan terancam punah. Berikut daftar tanaman langka di dunia!

Baobab
Berasal dari Afrika, sekitar daerah Madagaskar. Baobab sering pula disebut tanaman botol karena bentuknya yang unik. Pemberian nama ‘botol’ sepertinya bukan tanpa alasan saja, mengapa demikian? Baobab mampu menampung air dalam kapasitas besar, layaknya sebuah botol air minum.

Usia tanaman bisa mencapai 500 tahun lamanya. Kelangkaan tanaman juga disebabkan tangan jahil manusia. Menurut penelitian, Baobab memiliki kandungan nutrisi tinggi dan baik untuk kesehatan.
6 Jenis Tanaman Langka Yang Ada Di Dunia

Amorphophallus Titanum
Termasuk salah satu tanaman langka di Indonesia. Ukuran tanaman sangat tinggi, bahkan melebihi ukuran orang dewasa. Bentuknya benar-benar unik, sekilas mirip tanaman dari jaman purba.

Amorphophallus Titanum atau Bunga Bangkai pertama kali ditemukan sekitar daerah Bengkulu. Area favoritnya yaitu tempat terbuka, terutama di tepian sungai. Beberapa tanaman juga terlihat tumbuh sehat sekitar perkebunan kopi. Diberi nama Bunga Bangkai sebab mengeluarkan bau busuk seperti Raflesia Arnoldi yang termasuk ke dalam kategori tanaman langka yang masih hidup di dunia.
Amorphophallus Titanum

Desmodium Gyrans
Banyak orang menyebut tanaman ini dengan nama julukan ‘rumput menari’. Memang terdengar unik, namun bila diperhatikan secara sekilas, tanaman melakukan gerakan tarian seperti kode semaphore.

Meski termasuk salah satu tanaman langka di dunia, perawatan tumbuhan ini tak terlalu sulit. Tak perlu diberi pupuk, tanaman tumbuh subur hanya dengan bantuan sinar matahari saja.

Welwitschia Mirabilis
Tak hanya memiliki bentuk unik dan aneh, tetapi daya tahan hebat. Populasi tanaman terdapat sekitar area Namibia, Afrika. Berbeda dari jenis tanaman lainnya, Welwitschia Mirabilis hanya terdiri dari sebuah batang, akar dan dua lembar daun saja.
Menurut penelitian para ahli, Welwitschia Mirabilis mampu bertahan hidup dalam usia sangat panjang, antara 400 hingga 1500 tahun. Beberapa pakar juga menganggapnya sebagai tanaman purba.

Raflesia Arnoldi
Salah satu tanaman langka di dunia, tumbuh subur sekitar wilayah Indonesia dan tergolong sebagai bunga terbesar yang ada di planet Bumi. Masa pertumbuhan Reflesia Arnoldi mencapai waktu sembilan bulan, sedangkan bunga hanya mekar selama lima hingga tujuh hari saja.

Setelah melewati waktu mekar, bunga akan terlepas dari akar inang dan mati. Tanaman ini tak jauh berbeda dari Amorphophallus Titanum, ketika bunga mekar akan mengeluarkan bau tak sedap seperti bangkai.
Raflesia Arnoldi

Dionaea Muscipula
Nama lain tanaman ini adalah ‘venus si penangkap lalat’. Terdengar aneh, bukan? Berbeda dari jenis tanaman lain, Dionaea Muscipula termasuk ke dalam kategori karnivora dan menangkap lalat sebagai sumber makanan. Bagaimana caranya?

Tanaman memiliki bulu-bulu sensitif yang bakal menyergap lalat yang terbang dan hinggap di moncong mulut daun. Jenis tanaman ini tak terlalu asing bagi anda yang senang menyaksikan film petualangan, namun ia termasuk salah satu tanaman langka di dunia.

Baca Juga