Management Paid Per Click (PPC) dapat dilakukan sendiri atau dengan menggunakan jasa ahli sehingga pemasaran dengan menggunakan media internet dapat berjalan dengan baik. Terdapat berbagai macam platform yang menyediakan marketing dengan cara PPC.
Menggunakan Paid Per Click (PPC) Management:
Pertama adalah dengan menggunakan Google Adwords. Dengan menggunakan fasilitas dari Google ini, Anda dapat memasarkan produk atau website Anda tanpa harus mengeluarkan uang yang besar.
Google Adwords menampilkan iklan atau champagne yang Anda buat pada halaman hasil pencarian untuk mempromosikan website Anda ketika pengguna internet memasukkan kata kunci pada kolom pencarian di Google. Dengan menggunakan metode ini, Anda akan membayar Google selaku ‘penyelenggara’ dari iklan Anda berdasarkan pada jumlah iklan yang diklik oleh pengguna internet ketika melihat iklan Anda yang ditampilkan. Besarnya biaya yang akan dibayarkan juga tergantung pada keyword yang digunakan.
Contoh kedua yang menggunakan paid per click (PPC) management adalah Facebook Ads. Iklan Facebook hampir sama dengan Google Adwords, salah satu yang membedakannya adalah platform tempat iklan tersebut ditayangkan. Jika Adwords ditampilkan pada halaman hasil pencarian, maka jika di Facebook Ads, iklan akan ditampilkan pada sisi sebelah kanan. Iklan berbayar ini juga menggunakan sistem paid per click, sehingga Anda harus membayarkan sejumlah uang sesuai dengan jumlah iklan yang diklik oleh pengguna Facebook. Baik menggunakan Adwords ataupun menggunakan Facebook Ads, Anda harus dapat melakukan pengelolaan dan pengaturan yang tepat sehingga iklan yang sudah Anda buat dapat mengenai sasaran dan target atau tujuan Anda untuk menggunakan iklan tersebut dapat tercapai misalnya dapat mencapai target penjualan untuk jangka waktu tertentu.