Ocim Blog - Berita Terbaru dan Hiburan
Berlangganan artikel via email yuk!
feed
Jika tidak tahu cara berlangganan via email Baca Ini

Cincin Ini Bisa Cegah Kehamilan dan Penularan HIV

Illinois - Ilmuwan AS memperkenalkan alat baru yang dapat memberi perlindungan jangka panjang dalam mencegah kehamilan dan melawan virus HIV.

Tim ilmuwan dari Northwestern University di Evanston, negara bagian Illinois, AS, mengembangkan alat baru berupa cincin intravaginal yang disebut memiliki potensi melindungi perempuan dari HIV, herpes, dan kehamilan yang tidak diinginkan.

Mengutip VOA, cincin yang ditempatkan di dalam vagina itu dirancang untuk tetap pada posisinya selama tiga bulan. Cincin ini akan mengeluarkan dosis obat antiretroviral terkontrol, yang sudah digunakan sebagai kontrasepsi dan pencegahan infeksi HIV.
Cincin Ini Bisa Cegah Kehamilan dan Penularan HIV
Images by VOA

Dengan menggantikan pil-pil dosis tinggi yang harus dikonsumsi tiap hari, para ilmuwan berharap alat tersebut akan meningkatkan kepatuhan terhadap rejimen obat.

Cincin intravaginal itu dikembangkan selama lima tahun di Northwestern University oleh insinyur biomedis Patrick Kiser beserta para koleganya.

Dalam jurnal ilmiah Plos One, Kiser mengatakan bahwa ia dan timnya berharap kaum perempuan dapat menggunakan cincin itu terutama untuk kontrasepsi. Selain itu, para perempuan juga akan mendapat manfaat dari perlindungan terhadap berbagai infeksi menular seksual.

Kisser juga menyebutkan, alat yang mudah digunakan ini sedang memasuki tahap produksi dan akan segera diuji coba pada perempuan.

sumber

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.